​Rencana Rehab Puluhan Kantor Desa oleh Pemkab Pasuruan Masuki Tahap Verifikasi Lapangan

​Rencana Rehab Puluhan Kantor Desa oleh Pemkab Pasuruan Masuki Tahap Verifikasi Lapangan

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat di tingkat desa, pada tahun ini akan membenahi puluhan kantor desa di Kabupaten Pasuruan. Hingga saat ini progres pembangunan masih dalam proses verifikasi lapangan oleh pihak dinas terkait.

Informasi yang diperoleh BANGSAONLINE.com dari Bidang Keuangan dan Kekayaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan Andar Sulistyorini menuturkan, pencairan dana untuk rehab kantor desa melalui tahapan tahapan di antaranya pengajuan proposal dari desa, sampai proses verifikasi administrasi. Selanjutnya, pengecekan lapangan dilakukan. 

Verifikasi lapangan tersebut dilakukan untuk mengecek kondisi riil di lapangan. Untuk proses verifikasi lapangan saat ini masih berlangsung. Prosesnya membutuhkan waktu cukup lama, lantaran untuk menghindari kesalahan ataupun ketidaksesuaian.

"Masih Kami lakukan verifikasi lapangan. Makanya, belum ada dana yang digulirkan untuk rehab balai desa di perkirakan bulan Agustus sudah digulirkan," tandas dia.

Menurut Andar, jumlah kantor desa yang akan direhab tahun ini cukup banyak, mencapai kisaran 50 kantor desa. Hal ini seiring dengan anggaran relatif besar yang disiapkan Pemkab.

"Tak kurang dari Rp 5,6 miliar untuk rehab kantor desa tersebut. Setiap kantor desa, akan mendapat support anggaran berbeda. Tergantung rehab yang akan dilakukan. Memang tidak terlampau besar. Rata-rata di bawah Rp 200 juta,” tambahnya.

Rehab kantor desa itu sendiri ditujukan untuk meningkatkan kelayakan dan kenyamanan di tingkat bawah. Supaya, kantor desa di setiap wilayah yang ada di Kabupaten Pasuruan bisa lebih representatif. Salah satu kantor desa yang akan direhab adalah Krengi, Kecamatan Rembang. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO