Jumat, 27 November 2020 14:43

​Kanang: Trauma PKI Jangan Dipakai Mendiskreditkan Orang atau Golongan

Jumat, 02 Oktober 2020 08:57 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Zainal Abidin
​Kanang: Trauma PKI Jangan Dipakai Mendiskreditkan Orang atau Golongan
Bupati Ngawi, Budi Sulistyono

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hari Kesaktian Pancasila tahun ini di Kabupaten Ngawi diperingati tidak seperti biasanya. Pemkab Ngawi turut serta mengikuti peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang digelar secara serentak seluruh Indonesia secara virtual.

Peringatan dilakukan dalam waktu singkat, akan tetapi tidak mengurangi dari makna peringatan Kesaktian Pancasila. Peringatan yang digelar di Pendopo Wedya Graha Pemkab Ngawi dilakukan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan ketat.

Usai memimpin dan mengikuti peringatan Kesaktian Pancasila, Budi Sulistyono Bupati Ngawi pada awak media menjelaskan, peringatan kali ini memang beda dari tahun-tahun sebelumnya.

"Meskipun peringatan dilakukan secara virtual dan singkat tetap tidak mengurangi dari makna peringatan," jelas Bupati Ngawi, Budi Sulistyono pada awak media.

Dalam kesempatan ini Kanang mengatakan, jika pihaknya menyakini merebaknya isu PKI yang akan bangkit kembali tidak akan terjadi. Menurut dia, masyarakat telah trauma dengan PKI. Namun, ketraumaan tersebut sering kali dijadikan senjata untuk memecah belah oleh segelintir orang yang tidak bertanggung jawab.

"Masyarakat kita sebenarnya sudah trauma lalu dengan ketraumaan tersebut dijadikan alat untuk mendeskredikan orang maupun golongan," terangnya.

Dengan peringatan kesaktian Pancasila yang selalu digelar setiap tahun sudah menunjukkan bahwa paham-paham yang akan mengganti Pancasila tidak mudah dilakukan. Selain itu, juga Pancasila yang merupakan dasar dari bangsa Indonesia telah terbukti merekatkan bangsa ini.

"Karena kita memiliki Pancasila bangsa yang terdiri dari berbagai suku, agama, budaya dan bahasa ini dapat bersatu," pungkasnya.(nal/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...