Kamis, 15 April 2021 22:02

Berkat Rumah Baca Lentera Wilis, Anak-anak Pedesaan di Lereng Wilis Bisa Belajar Gratis

Jumat, 13 November 2020 10:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Berkat Rumah Baca Lentera Wilis, Anak-anak Pedesaan di Lereng Wilis Bisa Belajar Gratis
Saat proses belajar mengajar di Rumah Baca Lentera Wilis, Desa Joho, Kecamatan Semen. (foto: Kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Peduli akan pentingnya pendidikan usia dini, sekelompok mahasiswa, dan pelajar di Kabupaten Kediri mendirikan rumah literasi gratis. Selain diberikan pendampingan belajar, anak-anak desa ini juga diperbolehkan membaca buku sepuasnya untuk menambah pengetahuan.

Rumah literasi gratis ini diberi nama Rumah Baca Lentera Wilis. Lembaga yang berada di Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri ini, berfokus pada peningkatan minat belajar dan baca anak-anak pedesaan di lereng Gunung Wilis.

"Kebanyakan warga sini berprofesi sebagai petani dan buruh tani, sehingga kurang memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Untuk itu kami mencoba untuk mendirikan rumah baca ini," ujar Putri, salah satu relawan.

Berdiri sejak 3 tahun lalu, rumah literasi ini telah membantu lebih dari 30 anak desa mendapatkan pendampingan palajaran. Selain diajarkan pelajaran formal, di tempat ini para siswa juga dapat membaca buku sepuasnya untuk menambah pengetahuan.

BACA JUGA : 

Buka Ramadan 1442 H, Bupati Ikfina Pastikan Semua Sesuai Disiplin Prokes

Apindo Bersama Pemkab Mojokerto Siap Pulihkan Ekonomi Akibat Pandemi

Dikomersialkan, Profit Wisata Poetoek Soeko Mojokerto Tembus Rp60 Juta Sebulan

Total ​139 Desa di Mojokerto Dapat Bantuan Keuangan Rp51 Miliar

Selama masa pandemi ini, kegiatan belajar dilakukan setiap hari mulai pukul 9 hingga 12 siang dengan melibatkan sedikitnya 15 orang relawan yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar SMA, yang tergerak hatinya untuk mengajar di tempat tersebut.

"Tidak hanya membantu pendidikan, para relawan ini juga mencari donatur untuk membeli buku dan peralatan belajar. Diharapkan dengan adanya rumah literasi tersebut, anak-anak desa dapat memperoleh pendidikan yang layak," ungkap Alisyah, relawan lainnya.

Selain diajarkan tentang materi sekolah dan ketertarikan untuk membaca, sebulan sekali para relawan juga menggelar program "Jika Aku Menjadi".

Dalam program tersebut, relawan mengajak sejumlah pemuda sukses dari berbagai bidang. Selanjutnya, mereka diminta menceritakan tentang perihal kesuksesan mereka, yang tujuannya untuk memotivasi anak-anak agar giat belajar dan gemar membaca.

“Kita juga berbagi ilmu dalam mengajar ini. Kita kenalkan mereka kepada profesi-profesi yang mungkin selama ini mereka awam, jadi adik-adik ini akan memiliki wawasan yang luas," tutup Alisyah. (adv/kominfo)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...