Sabtu, 23 Januari 2021 22:03

Berkat Rumah Baca Lentera Wilis, Anak-anak Pedesaan di Lereng Wilis Bisa Belajar Gratis

Jumat, 13 November 2020 10:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Berkat Rumah Baca Lentera Wilis, Anak-anak Pedesaan di Lereng Wilis Bisa Belajar Gratis
Saat proses belajar mengajar di Rumah Baca Lentera Wilis, Desa Joho, Kecamatan Semen. (foto: Kominfo)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Peduli akan pentingnya pendidikan usia dini, sekelompok mahasiswa, dan pelajar di Kabupaten Kediri mendirikan rumah literasi gratis. Selain diberikan pendampingan belajar, anak-anak desa ini juga diperbolehkan membaca buku sepuasnya untuk menambah pengetahuan.

Rumah literasi gratis ini diberi nama Rumah Baca Lentera Wilis. Lembaga yang berada di Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri ini, berfokus pada peningkatan minat belajar dan baca anak-anak pedesaan di lereng Gunung Wilis.

"Kebanyakan warga sini berprofesi sebagai petani dan buruh tani, sehingga kurang memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Untuk itu kami mencoba untuk mendirikan rumah baca ini," ujar Putri, salah satu relawan.

Berdiri sejak 3 tahun lalu, rumah literasi ini telah membantu lebih dari 30 anak desa mendapatkan pendampingan palajaran. Selain diajarkan pelajaran formal, di tempat ini para siswa juga dapat membaca buku sepuasnya untuk menambah pengetahuan.

Selama masa pandemi ini, kegiatan belajar dilakukan setiap hari mulai pukul 9 hingga 12 siang dengan melibatkan sedikitnya 15 orang relawan yang terdiri dari mahasiswa dan pelajar SMA, yang tergerak hatinya untuk mengajar di tempat tersebut.

"Tidak hanya membantu pendidikan, para relawan ini juga mencari donatur untuk membeli buku dan peralatan belajar. Diharapkan dengan adanya rumah literasi tersebut, anak-anak desa dapat memperoleh pendidikan yang layak," ungkap Alisyah, relawan lainnya.

Selain diajarkan tentang materi sekolah dan ketertarikan untuk membaca, sebulan sekali para relawan juga menggelar program "Jika Aku Menjadi".

Dalam program tersebut, relawan mengajak sejumlah pemuda sukses dari berbagai bidang. Selanjutnya, mereka diminta menceritakan tentang perihal kesuksesan mereka, yang tujuannya untuk memotivasi anak-anak agar giat belajar dan gemar membaca.

“Kita juga berbagi ilmu dalam mengajar ini. Kita kenalkan mereka kepada profesi-profesi yang mungkin selama ini mereka awam, jadi adik-adik ini akan memiliki wawasan yang luas," tutup Alisyah. (adv/kominfo)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...