Kamis, 29 Juli 2021 05:31

Peringati Bulan Bung Karno, Pemkab Kediri Gelar Seni Budaya Pemersatu Bangsa

Senin, 21 Juni 2021 23:43 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Peringati Bulan Bung Karno, Pemkab Kediri Gelar Seni Budaya Pemersatu Bangsa
Poster Gelar Seni Budaya Daerah pada peringatan Bulan Bung Karno oleh Pemkab Kediri.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperigati Bulan Bung Karno (BBK), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri mengadakan acara Gelar Seni Budaya Daerah tahun 2021.

Acara bertajuk "Budaya Pemersatu Bangsa" ini dilaksanakan selama dua hari yaitu Minggu - Senin (20-21 Juni 2021). Karena masih masa pandemi, acara ini disiarkan langsung melalui Youtube Dhito Pramono dan Kominfo Kediri serta Live Instagram @mas.bup.

Pada pagelaran hari pertama, menampilkan para seniman lokal Kediri yang sudah berkarir malang melintang hingga tingkat nasional. Seperti Prigel Pangayu dari Kras yang namanya sudah tak asing lagi di telinga kita.

Sedangkan penampilan Jaranan dibawakan oleh Satrio Buwono Joyo dari Sukorejo Ngasem, Campursari Surya Buana Plosoklaten, Rampak Celeng dari Pamenang Pagu, Barong Ki Maeso Putro Katang, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA : 

Pastikan Bantuan Sampai di Tangan, Bupati Kediri Datangi Rumah Warga Isoman Pakai Vespa

Masih Pandemi, Ritualan 1 Suro di Petilasan Sri Aji Joyoboyo Kembali Ditiadakan

Hari Jadi Kota Kediri ke-1142 Digelar Secara Virtual, Sandiaga Uno Beri Kado Istimewa

Segera Dirikan RSDS, Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Tinjau Lokasi di Bekas Kantor Dispertabun

Sedangkan hari kedua, Senin (21/6) hari ini, menampilkan koor vocal, puisi, teater, karawitan, dan mini orchestra.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo, M.Si berharap, gelar seni budaya ini mampu memberikan hiburan kepada masyarakat. Serta menjadi motivasi maupun ruang apresiasi dalam berkreasi dan berinovasi bagi pegiat seni budaya agar tetap eksis dan berkembang.

“Kediri adalah punjer dan gudangnya legenda, baik yang bernuansa panji maupun cerita sejarah perjuangan lainnya. Para seniman selalu dinanti ide-ide kreatifnya, kemampuan dalam berekspresi melalui karya seni berbobot untuk mampu bersaing dengan perkembangan seni budaya saat ini,” kata Adi Suwignyo.

Ia juga berharap kolaborasi pagelaran kesenian di bulan Bung Karno ini dapat bermanfaat untuk mewarisi semangat Bung Karno yang tak pernah padam dan pantang mundur, untuk menunjukkan jati diri melalui seni budaya nasional bangsa Indonesia.

"Pesan Presiden Pertama Indonesia Ir. Soekarno yang harus selalu kita ingat sebagai insan budaya yaitu, tetaplah jadi orang nusantara dengan adat budaya nusantara yang kaya raya ini," lanjutnya.

Di akhir sambutannya, Adi Suwignyo berpesan untuk tidak kendor dan disiplin mematuhi protokol kesehatan, untuk Kabupaten Kediri yang ayem tentrem gemah ripah loh jinawi karto dan raharjo. (adv/kominfo)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...