Dahlan Iskan Dapat Penghargaan Tokoh Pers Terproduktif dan Terbanyak Dibaca Tulisannya

Dahlan Iskan Dapat Penghargaan Tokoh Pers Terproduktif dan Terbanyak Dibaca Tulisannya CEO HARIAN BANGSA saat memberikan penghargaan kepada Dahlan Iskan sebagai Tokoh Pers Terproduktif dan Terluas serta Terbanyak Dibaca tulisannya di kantor HARIAN BANGSA Jl Cipta Menanggal I/35 Surabaya, Selasa (1/3/2022). Foto: BANGSAONLINE.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Wartawan kawakan, Dahlan Iskan, mendapat penghargaan utama sebagai “Tokoh Pers Terproduktif dan Terluas serta Terbanyak Dibaca Tulisannya”. Penghargaan utama itu diberikan oleh koran HARIAN BANGSA saat merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 di kantor barunya di Jalan Cipta Menanggal I/35 Surabaya, Selasa (1/3/2022).

Apa kriteria penghargaan terhadap Dahlan Iskan? “Beliau mendapat penghargaan berdasarkan kriteria kongkrit berupa fakta-fakta hasil monitor kami di lapangan,” kata CEO HARIAN BANGSA, M Mas’ud Adnan usai menganugerahkan penghargaan kepada tokoh nasional asal Tekeran Jawa Timur itu, Selasa (1/3/2022).

Menurut Mas’ud Adnan, Dahlan Iskan sangat fenomenal. Belum ada tokoh pers atau penulis dan wartawan di Indonesia yang tulisannya tiap hari dibaca jutaan orang, seperti tulisan Dahlan.

Dari mana datanya. “Sekedar contoh. Di BANGSAONLINE.com saja, satu tulisan Pak Dahlan dibaca puluhan ribu tiap hari. Kadang 50 ribu pembaca, 70 ribu orang, bahkan juga 170 ribu orang. Itu satu tulisan dalam satu hari,” ungkap Mas’ud Adnan.

Menurut dia, cara memonitornya gampang. “Kita cek di google analytics. Kan tiap detik ada laporannya. Saya sebagai praktisi media selalu memantau setiap saat ,” tambah Mas’ud Adnan.

Padahal, kata Mas’ud Adnan, tulisan Dahlan Iskan itu tiap hari dimuat sekitar 125 media di seluruh Indonesia, baik online maupun cetak. “Berarti tulisan beliau dibaca jutaan orang tiap hari,” katanya.

Belum lagi pembaca di Disway yang bisa dipastikan mencapai ratusan ribu bahkan jutaan pembaca.

“Di kantor saya saja, tulisan Pak Dahlan kami muat tiap hari di HARIAN BANGSA dan bangsaonline.com. Kami mengupload tulisan beliau di bangsaonline.com pukul 8.00 pagi,” tutur Mas’ud Adnan.

Bahkan, kata Mas'ud Adnan, setiap hari tulisan Dahlan Iskan juga dikutip media-media online populer Jakarta sehingga semakin banyak dibaca publik, baik yang tinggal di Indonesia maupun luar negeri.

"Jadi pemberian penghargaan HARIAN BANGSA itu benar-benar sangat pantas dan pas, karena selain tulisan beliau dibaca jutaan pembaca juga  kreativitas beliau memang sangat luar biasa," tegas Mas'ud Adnan yang alumnus Pascasarjana Unair dan Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur itu.

Menurut Mas'ud, tulisan Dahlan Iskan sangat khas. Selain renyah juga mudah dicerna sehingga bisa dibaca dan dipahami semua kalangan, baik mereka yang berpendidikan rendah maupun menengah, apalagi tinggi.

“Tulisan Pak Dahlan itu sesuai prinsip jurnalistik yang bermutu. Dalam prinsip jurnalistik, kita diajari, jika kita menulis berita, maka bayangkanlah bahwa pembaca kita adalah berpendidikan setingkat SMP. Dengan demikian, pembaca mulai dari tingkat pendidikan rendah hingga profesor bisa memahami,” katanya.

Selain itu, tutur Mas’ud, angle tulisan Dahlan sangat menarik. Ia memberi contoh soal kasus perang Rusia-Ukraina. “Saya kan selalu upload berita terbaru perkembangan Ukraina. Tapi semua berita hangat itu kalah dengan tulisan Pak Dahlan Dahlan,” tuturnya sembari memberi contoh tulisan Dahlan Iskan tentang Ukraina yang membahas Presiden Chechnya Ramzan Akhmadovich Kadyrov yang gemes ingin menggempur Ukraina.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO