Dampak Kenaikan Harga BBM, Kebutuhan Pokok dan Tarif Transportasi di Ngawi Ikut Naik

Dampak Kenaikan Harga BBM, Kebutuhan Pokok dan Tarif Transportasi di Ngawi Ikut Naik Suasana di Pasar Besar Ngawi. Foto: ZAINAL ABIDIN/ BANGSAONLINE

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Kenaikan harga BBM mulai membawa dampak pada harga-. Di Kabupaten Ngawi, mulai terkerek naik.

Pantuan wartawan di Pasar Besar Ngawi, sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan adalah cabe, tomat, dan minyak goreng. Meski demikian, ada juga yang mengalami penurunan, misalnya telur ayam, bawang putih dan bawang merah.

"Untuk cabe sudah sekitar satu mingguan terjadi kenaikan. Kalau yang lain sepertinya masih belum ada kenaikan, tetapi tidak tahu lagi untuk minggu depan. Salah satu alasan harga naik karena biaya transportasi bertambah," jelas Marsiani, pedagang di Pasar Besar Ngawi.

Menyikapi kondisi tersebut, Pemkab Ngawi melalui dinas perdagangan perindustrian dan tenaga kerja (DPPTK) ancang-ancang menggelar operasi pasar untuk mengendalikan harga.

"Kita sudah menyiapkan operasi pasar, tetapi itu direalisasikan minggu depan. Sebab dimungkinkan terjadi pada sepekan ke depan. Kita tinggal mengatur titik-titik yang perlu dioperasi pasar," terang Kristina Setyowati, Analisis Perdagangan .

Selain kebutuhan pokok, kenaikan harga BBM juga berdampak pada umum. Seperti yang dialami Sri Aminah, seorang penumpang bus dari Terminal Gendingan.

"Saya naik dari Terminal Gendingan. Kalau kemarin-kenarin masih Rp45 ribu, untuk hari ini (Senin) sudah Rp61 ribu," tuturnya. (nal/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO