Satpol PP Magetan dan Bea Cukai Madiun Berhasil Amankan 37.648 Batang Rokok Tanpa Cukai

Satpol PP Magetan dan Bea Cukai Madiun Berhasil Amankan 37.648 Batang Rokok Tanpa Cukai Kabid Gakda Satpol PP Kabupaten Magetan saat membuka rilis penyitaan rokok tanpa cukai. Foto: Hendro Suhartono/BANGSAONLINE

MAGETAN,BANGSAONLINE.com - Satpol PP Kabupaten Magetan bersama Bea dan Cukai berhasil menyita sebanyak 37.648 batang rokok kretek filter yang tidak menggunakan pita cukai.

Penyitaan itu hasil operasi yang diadakan pada tanggal 18 September 2024 kemarin di wilayah kecamatan Barat.

Baca Juga: Masyarakat Kabupaten Madiun Antusias Sambut Pataka Jer Basuki Mawa Beya

Keberhasilan ini diungkap di depan awak media oleh Kabid Penegakkan Perda Satpol PP Kabupaten Magetan, Gunendar yang bertempat di ruang pertemuan kantor Satpol PP Kabupaten Magetan, jalan Tripandita nomor 17 Kabupaten Magetan. Selasa (15/10/2024).

"Operasi yang kita lakukan di Kecamatan Barat pada tanggal 16 September kemarin berhasil mengamankan ribuan batang . Kejelasannya nanti akan disampaikan langsung oleh rekan kita yang dari cukai ," terang Gunendar.

Rizal Setyadi selaku Pelaksana Pemeriksa Bea dan Cukai menbeberkan lebih rinci lagi tentang keberhasilannya dalam mengamankan rokok yang tak berpita cukai tersebut.

Baca Juga: Di Kirab Pataka Jer Besuki Mawa Beya, Satpol PP Situbondo Juga Sosialisasikan Gempur Rokok Ilegal

"Sekitar pukul 9.30 kami mendatangi sebuah toko yang berada di Desa Mangge, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan. Informasi awal berasal dari masyarakat, ada sebuah toko yang diduga menjual . Dari prmeriksaan ditemukan sejumlah 37.648 batang rokok jenis SKM dan SPM," ungkap Rizal.

Rokok tersebut terdiri dari berbagai merk yang dirinci ada sebanyak 60 merek dengan isi perbungkus ada yang berisi 16 batang dan 20 batang. Total bungkus ada sebanyak 1.996 bungkus. Dan semuanya tidak dilekati pita cukai.

Dari hasil sebanyak itu dan dalam satu tempat, maka toko tersebut bisa dikatakan distributor. Sehingga S selaku pemilik dibawa ke kantor Bea dan Cukai untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Kalapas Pemuda Kelas II Madiun yang Baru Gagas Sejumlah Program Bagi Warga Binaan

"Setelah dilakukan penelitian, saudara S terbukti melakukan pelanggaran tindak pidana cukai pasal 54 dan 56 Undang-Undang Nomor 39 tahun 2007 tentang Cukai. Di ada namanya UR (Ultimum Remidium). Sesuai Undang-undang cukai pasal 40b, pelaku dapat mengajukan untuk tidak dilakukan penyidikan. Jadi kita tawarkan kepada S sejumlah denda tiga kali nilai cukai sebesar 85.361.568 rupiah," tandasnya.

Dan dengan keadaan tersebut S bersedia untuk membayar denda sebesar Rp. 85.361.568, sehingga tidak dilakukan penyidikan. Karena denda sudah terbayar, maka proses di kantor Bea dan Cukai telah selesai. (adv/dro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO