Gus Sholah Berpulang, ini Kenangan Machfud Arifin pada Almarhum

Gus Sholah Berpulang, ini Kenangan Machfud Arifin pada Almarhum Machfud Arifin saat bersilaturahim dengan Gus Sholah semasa hidup. foto: ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepergian KH. Salahuddin Wahid () meninggalkan duka bagi semua. Termasuk bagi . Banyak kenangan yang tak bisa dilupakan Machfud. Salah satunya ketika dia sering sowan ke Pesantren Tebuireng, Jombang.

“Kami sering saling silaturahim. Saya yang ke Jombang atau beliau yang ke Polda (waktu Machfud masih menjadi Kapolda Jatim),” ujar Machfud usai ikut mengantarkan jenazah ke pemakaman di komplek Pesantren Tebuireng, Senin (3/2).

Bagi Machfud, sosok yang sangat bersahaja. Ketokohan tak membuatnya memandang sebelah mata siapa pun. “Semua yang kenal pasti merasakan seperti ini,” ujarnya.

dan istri (Nyai Farida) selalu menerima siapa pun yang datang dengan ramah. “Saya merasakan betul humble-nya beliau berdua. Saya terkesan dengan keramahan beliau berdua dalam menerima tamu, siapa pun,” ujar Machfud.

Machfud mengaku selalu diajak makan bersama ketika sowan ke . Di meja makan itu, tak ada kesan formal. dan Bu Nyai mengajak makan Machfud seperti sedang bersama adiknya sendiri.

Yang membuat Machfud senang silaturahim ke adalah sosok itu sangat senang berbagi wawasan. “Beliau itu wawasannya luas. Meskipun tokoh besar, kyai kharismatik, tapi beliau senang berdiskusi dengan siapa pun. Wawasannya soal kebangsaan sangat luar biasa,” puji pria yang bakal maju sebagai calon wali kota Surabaya ini.

Machfud mengaku sempat membesuk ketika terbaring sakit. “Saya dan seluruh bangsa Indonesia pasti berduka dengan meninggalnya . Kita semua kehilangan sosok guru bangsa,” pungkasnya. (mdr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO