Cegah Pungli, Pemkab Lamongan Launching E-Retribusi

Cegah Pungli, Pemkab Lamongan Launching E-Retribusi Bupati Fedeli saat memberikan sambutan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan melaunching program pembayaran non tunai atau e-retribusi bagi pedagang Pasar Lamongan dengan menggandeng Bank Jatim Cabang Lamongan di Jalan Lamongrejo tepatnya pojok alun-alun, Minggu (15/3) pagi.

Bupati Lamongan Fadeli dalam sambutannya mengatakan, peluncuran program baru ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk mencegah pungli atau kebocoran anggaran.

"Dengan e-retribusi diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam pengelolaan pendapatan daerah dan memudahkan pedagang dalam membayar retribusi.

"Kalau awal-awal para pedagang mengalami kesulitan itu biasa, karena belum terbiasa. Nanti kalau sudah tahu maka akan merasakan kemudahan dengan menggunakan teknologi," ujarnya

Kepala Cabang Bank Jatim Lamongan, Eko Yudi Prastowo kepada BANGSAONLINE.com menjelaskan, pihaknya mendukung program pemerintah untuk menyukseskan gerakan non tunai. 

"Bank Jatim Cabang Lamongan menggandeng Perumda Pasar Kabupaten Lamongan untuk menggalakkan pembayaran retribusi pasar secara non tunai yang dikenal dengan e-retribusi," jelasnya.

Menurut Eko, Quick Response Code Indonesian Standart (QRIS) adalah standar barcode yang dikeluarkan Bank Indonesia sebagai salah satu metode pembayaran atau transfer yang bisa dipakai semua bank. Termasuk Bank Jatim.

Dikatakan Eko, sebagai gebrakan sekaligus mempromosikan QRIS, teknologi ini diterapkan untuk pembayaran retribusi pasar. Cara mengikuti program e-retribusi ini, pedagang cukup membuka rekening di Bank Jatim untuk memiliki akun rekening.

Selanjutnya, nasabah meng-install aplikasi mobile banking Bank Jatim yang bisa di-download di playstore. Pada aplikasi mobile banking ini, terdapat berbagai layanan seperti cek saldo, transfer antar rekening, transfer ke rekening lain, pemberian pulsa, pembayaran listrik, dan salah satunya pembayaran melalui QRIS.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO