Yuklayushi, Hakim Muda Inspiratif Asal Bangkalan yang Bercita-cita Jadi Ibu Rumah Tangga

Yuklayushi, Hakim Muda Inspiratif Asal Bangkalan yang Bercita-cita Jadi Ibu Rumah Tangga Yuklayushi Hakim Muda asal Kota Salak, Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Yuklayushi tak pernah berpikir akan menjadi seorang hakim. Perempuan 38 tahun asal Kabupaten Bangkalan ini mengaku saat kecil hanya bercita-cita jadi ibu rumah tangga, yang sibuk membesarkan anak dan mengabdi pada sang suami. Layaknya kebanyakan kaum hawa.

Dia pun bersyukur karena karirnya sebagai hakim saat ini moncer. Kini, dia menjadi salah satu hakim di Pengadilan Negeri Bangkalan, kampung halamannya.

Meski namanya tak seperti kebanyakan warga Madura, Yuklayushi memastikan bahwa dirinya asli warga Pulau Garam. "Nama saya memang khas laksana sebangsa keturunan Jepang. Padahal saya merupakan wanita muda asli kelahiran kota Dzikir dan Sholawat, pada 10 Februari 1982. Walaupun nama serupa orang Negeri Sakura, tapi saya Madura asli. Saya kelahiran Kabupaten Bangkalan, namun masa kecil dan remaja saya dihabiskan di ujung Madura, Kabupaten Sumenep," jelasnya kepada wartawan BANGSAONLINE.com, Selasa (30/6/2020).

Menjalani masa kecil di Sumenep, Yuklayushi mengawali pendidikannya di SD Bangselok I, kemudian lanjut SMPN 1 Sumenep, dan SMAN 1 Sumenep.

Ia menceritakan, perjuangannya meniti karir sebagai hakim tidak semudah yang dibayangkan kebanyakan orang. Banyak rintangan, tantangan, dan hambatan dalam perjalanan karirnya.

"Setelah lulus kuliah, saya menganggur selama tiga tahun, sambil mengikuti tes cakim (calon hakim). Alhamdulillah, setelah 3 tahun ikutan tes, saya berhasil lulus tes cakim," ujar alumni Universitas Brawijaya Malang ini.

Tiga tahun menjalani masa pendidikan cakim di Pengadilan Negeri Bangkalan, istri dari Mohammad Sukran Hijry ini mendapatkan penempatan tugas pertamanya di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

"Untuk tugas awal saya ditempatkan di Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan. Setelah itu saya mutasi ke PN Sumenep selama 3 tahun 3 bulan. Alhamdulillah, sekarang kembali lagi bertugas di hingga saat ini," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO