Kisah Perjuangan Pasutri Tukang Rongsokan di Banyuwangi Mencari Keadilan

Kisah Perjuangan Pasutri Tukang Rongsokan di Banyuwangi Mencari Keadilan Mohammad bersama istri sedang menunjukkan rumahnya yang dibongkar.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Gara-gara memiliki utang, rumah Mohammad (57) di Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Boyolangu, Kecamatan Giri, Banyuwangi diratakan oleh CK, salah seorang pengusaha pengolahan plastik.

Selama bertahun-tahun, Mohammad beserta istrinya Imsiyah (57) berjuang mencari keadilan. Namun apa daya, mereka yang sehari-harinya bekerja mencari rongsokan tersebut tak kuasa melihat rumahnya dihancurkan paksa hingga rata dengan tanah oleh beberapa orang suruhan CK tersebut.

Kasus itu bermula saat Mohammad tak sanggup membayar utang kepada salah satu bank, lantaran usaha rongsokan yang ditekuninya bangkrut pada 2010 silam. Namun, CK yang dulunya memiliki hubungan baik dengan Mohammad itu tiba-tiba menawarkan pinjaman uang untuk menebus dua sertifikat rumah yang dia jaminkan di bank.

"Waktu itu saya kerja di Bali. Tiba-tiba dihubungi CK mau membantu saya melunasi utang di bank sebesar Rp 110 juta," kata Mohammad didampingi istri dan anaknya saat menceritakan awal kasus tersebut di rumahnya, Rabu (12/8).

Setelah dua sertifikat itu keluar, Mohammad dan istrinya menyerahkan kedua sertifikat tersebut kepada CK sebagai jaminan setelah diberikan pinjaman uang tersebut tanpa adanya hitam di atas putih.

"Saya hanya berpesan kepada CK, saya titip dua sertifikat ini agar disimpan dengan baik. Saya masih cari uang di Bali," kata Mohammad.

Dua tahun berselang, tepatnya pada tahun 2012, saat dia dan istrinya kerja di Bali, tiba-tiba ia dikagetkan adanya kabar jika semua barangnya yang berada di rumahnya tersebut dikeluarkan oleh beberapa orang suruhan CK.

Ia pun terpaksa pulang dan setibanya di rumah melihat barang-barangnya sudah tertumpuk berserakan di rumah orangtuanya yang berada di sebelahnya. Namun, ia hanya bisa diam dan tak berbuat apa-apa melihat perlakuan orang-orang suruhan CK tersebut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO