Rabu, 25 November 2020 20:29

Datangi Dispendik Gresik, Genpatra Minta Pembelajaran Tatap Muka Dibuka

Selasa, 20 Oktober 2020 16:46 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Datangi Dispendik Gresik, Genpatra Minta Pembelajaran Tatap Muka Dibuka
Ketua Genpatra Ali Candi (kiri) saat ditemui Kabid PMP Dispendik Gresik, Suwono. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Puluhan massa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Pemuda Nusantara (Genpatra) mendangi Kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Gresik, di Jalan Arif Rahman Hakim, Gresik, Selasa (20/10/2020).

Mereka mendesak Dispendik segera memberlakukan kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk sekolah tingkat SD hingga SMP. Sebab, saat ini sudah masa new normal. Di mana segala aktivitas berkumpul atau keramaian publik sudah diizinkan buka dengan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Ketua LSM Genpatra, M. Ali Murtadlo menyatakan, pihaknya mendesak menuntut agar sekolah segera dibuka lantaran tempat keramaian seperti rumah makan, mal, tempat wisata, dan sarana publik lain sudah dibuka dengan prokes Covid-19.

"Jika Dispendik tetap beralasan Covid-19 tak mengizinkan sekolah tatap muka, sementara aktivitas publik lain diizinkan, maka masyarakat bisa mosi tidak percaya. Apalagi, saat ini masyarakat sudah tak percaya adanya Corona (Covid-19)," ungkap pria yang kerap disapa Ali Candi ini kepada BANGSAONLINE.com.

Apalagi, lanjut Ali Candi, saat ini Kabupaten Gresik punya gawe Pilkada 2020 yang setiap hari mendatangkan kerumunan massa saat para calon bupati dan wakil bupati menggelar kampanye. "Tak adil jika aktivitas keramaian dibuka, tapi sekolah tatap muka tak diizinkan," cetusnya.

Ali Candi mengungkapkan, berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubenur Jawa Timur Nomor 420/11350/101.1/2020 tentang uji coba pembelajaran tatap muka terbatas jenjang SMK, MA, dan SLB di Jawa Timur, bahwa uji coba pembelajaran tatap muka bisa dilakukan dengan membatasi siswa 50 persen dari kapasitas kelas.

"Jika satu lokal (kelas) berisikan 30 siswa, maka dalam pembelajaran tatap muka di era pandemi Covid-19 ini hanya diisi 15 siswa. Pembelajaran tetap menerapkan protokol kesehatan, karena kita tidak tau kapan pandemi ini akan berakhir," pungkasnya.

Sementara Kepala Bidang Pengembangan Manajemen Pendidikan Dispendik Gresik, Suwono yang menemui perwakilan LSM Genpatra berjanji segera mengundang organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, antara lain Dinas Kesehatan (Dinkes), Satgas Covid-19, OPD lain dan LSM Genpatra untuk mendiskusi pembelajaran tatap muka. (hud/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 20 November 2020 22:13 WIB
SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Berbicara tentang destinasi wisata di Kabupaten Sumenep memang tak pernah sepi. Selain memiliki sejumlah tempat wisata religi dan budaya, kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Madura ini juga memiliki segudang destina...
Selasa, 10 November 2020 09:44 WIB
Oleh: M. Mas’ud Adnan --- Peristiwa 10 November 1945 adalah tonggak sejarah sangat penting bagi bangsa Indonesia, terutama umat Islam. Sebab, pada momentum 10 November itulah, nasionalisme mendapat pemaknaan sangat signifikan dalam paradigma k...
Minggu, 22 November 2020 21:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Jumat, 06 November 2020 10:34 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...