Begal Semakin Merajalela, Pemkab Lumajang Akan Pasang CCTV di Seluruh Desa

Begal Semakin Merajalela, Pemkab Lumajang Akan Pasang CCTV di Seluruh Desa Bupati Lumajang, Thoriqul Haq memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Pengadaan Infrastruktur CCTV Desa bersama Forkopimda dan beberapa Kepala OPD Pemkab Lumajang.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Aksi begal di Lumajang wilayah utara semakin marak. Sudah banyak korban yang menjadi kekejaman para pelaku begal hingga meregang nyawa. Untuk mengantisipasi kejahatan jalanan itu, berencana memasang CCTV di seluruh desa se-Kabupaten Lumajang, khususnya di daerah rawan kejahatan.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyatakan pemasangan CCTV ini menyusul makin maraknya aksi kriminalitas jalanan, terutama begal di wilayah Kabupaten Lumajang sebelah utara.

Pengadaan CCTV tersebut diungkapkan Bupati Thoriqul Haq saat memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Pengadaan Infrastruktur CCTV Desa bersama Forkopimda dan beberapa Kepala OPD di Ruang Mahameru, Kantor Bupati Lumajang, Selasa (26/1).

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mendesak agar perencanaan pengadaan dan pemasangan CCTV segera direalisasikan untuk menindaklanjuti tindak kriminalitas yang ada di wilayah. "Sekarang kriminalitasnya dulu yang diprioritaskan, apalagi di titik yang rawan kriminal," ujarnya.

Untuk mencukupi kebutuhan infrastruktur CCTV di desa, nantinya selain menggunakan APBD Kabupaten Lumajang, juga dibantu melalui APBDes. Bupati meminta agar nantinya semua CCTV yang terpasang dapat terintegrasi satu sama lain.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono menyebut, saat ini Pemerintah Kabupaten Lumajang sudah memiliki 75 CCTV yang tersebar di 28 titik untuk pengawasan lalu lintas, dan 371 CCTV di titik pelayanan publik dan kawasan perkantoran.

Agus menyatakan bahwa saat ini pemerintah desa siap untuk mendukung program pemasangan CCTV desa. "Ini upaya desa di dalam membantu TNI-Polri mendukung meningkatkan keamanan desa, intinya seluruh desa sudah siap untuk itu," terangnya. (ron/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO