Sabtu, 17 April 2021 18:00

Melalui GN Lingkaran, Bank Jatim Tanggung Iuran Perlindungan Pekerja Rentan Selama 3 Bulan

Selasa, 09 Februari 2021 22:49 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Melalui GN Lingkaran, Bank Jatim Tanggung Iuran Perlindungan Pekerja Rentan Selama 3 Bulan
Acara Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bank Jatim memberikan CSR melalui program Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) BPJS Ketenagakerjaan, untuk perlindungan jaminan sosial pekerja rentan di Jawa Timur (Jatim). 

Perlindungan jaminan sosial itu diberikan pada 35.000 tenaga kerja informal atau bukan penerima upah (BPU) selama 3 bulan itu dilakukan di Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jatim, Selasa (9/2).

Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E. Ilyas Lubis menjelaskan, GN Lingkaran merupakan program perlindungan bantuan kepada kelompok masyarakat pekerja rentan, sehingga mereka yang penghasilannya sangat terbatas ini juga mendapat perlindungan jaminan sosial BPJS ketenagakerjaan (BPJamsostek).

“Program GN Lingkaran merupakan inovasi sosial yang ditujukan untuk membantu perlindungan pekerja rentan melalui donasi pembayaran iuran jaminan sosial ketenagakerjaan dari dana CSR perusahaan-perusahaan baik swasta, BUMN/BUMD ataupun sumbangan masyarakat secara individual,” terang Ilyas.

BACA JUGA : 

Peduli Kelestarian Satwa, Bandell Lighting Jadi Orang Tua Asuh Buaya KBS

Berikan Jaminan di Masa Tua, BPJS Ketenagakerjaan Edukasi Pemilik Stand Museum Angkut

Bank Jatim Serahkan CSR untuk Pemerintah Kota Mojokerto

Bank Jatim Dukung Percepatan Industri Halal Jawa Timur

Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jatim, Deny Yusyulian menambahkan, pekerja rentan ini mereka yang penghasilan hariannya hanya cukup untuk membiayai kebutuhan hidupnya saja. Menurutnya, semakin banyak perusahaan yang menyalurkan dana CSR dalam bentuk perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, maka perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja di Indonesia dapat segera terwujud.

"Dengan adanya perlindungan ini, pekerja rentan dapat bekerja dengan tenang untuk meningkatkan taraf hidup mereka dan mencapai kesejahteraan,” imbuhnya.

Direktur Keuangan Bank Jatim, Ferdian Timur Satyagraha mengatakan, pemberian perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada tenaga kerja rentan ini bertujuan supaya tidak ada keluarga miskin baru bila mereka mengalami musibah kecelakaan kerja dan atau meninggal dunia.

Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Karimunjawa, Muhyidin menambahkan, iuran kepesertaan 35.000 pekerja rentan di Jatim itu akan ditanggung oleh Bank Jatim, namun hanya 3 bulan (terhitung mulai 29/12/2020 sampai 29/3/2021)..Selanjutnya mereka harus bayar sendiri. 

Dari 35.000 tenaga kerja, meliputi 26.857 Kader Kesehatan Kota Surabaya, 1.200 tenaga Laku Pandai Bank Jatim, 3.500 juru parkir, dan 3.443 guru ngaji. (diy/ian)

​Mengenang Masa Lalu, Ngabuburit Sambil Bermain Meriam Bambu
Jumat, 16 April 2021 22:03 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu menunggu berbuka puasa, atau ngabuburit.Salah satunya seperti yang dilakukan bocah di Kota Pasuruan, Jawa Timur. mereka bermain meriam bambu di tanah lapang.Sepert...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Sabtu, 17 April 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah banyak mendapat dukungan dari para tokoh, dokter, dan bahkan jenderal, tampaknya uji fase II Vaksin Nusantara akan lanjut. Tentu di luar BPOM.Apa itu Ilegal? Nah, silakan ikuti tulisan Dahlan Iskan di Disway d...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 17 April 2021 11:15 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...