Kamis, 15 April 2021 00:12

Menko Maritim Resmikan Dua Fasilitas TPST3R di Pasuruan Secara Virtual

Jumat, 26 Februari 2021 16:14 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Diyah Khoirun Nisa
Menko Maritim Resmikan Dua Fasilitas TPST3R di Pasuruan Secara Virtual
Para pembicara dalam Webinar Kemitraan Menuju Indonesia Bebas Sampah sekaligus peresmian dua fasilitas TPST3R.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan meresmikan dua fasilitas Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Reduce-Reuse-Recycle (TPST3R) di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur secara virtual.

Kedua TPST3R ini dibangun sebagai kerja sama Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan Project STOP. Proyek ini berkolaborasi dengan Nestle sebagai mitra strategis Project STOP, baik sebagai mitra utama juga sebagai penyumbang dana dalam program tersebut.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, TPST3R ini akan mengelola pengumpulan dan pemilahan sampah serta proses daur ulang sampah di Kecamatan Lekok dan Nguling, dengan kapasitas sampai 32 ton per hari. Kedua fasilitas ini akan mengumpulkan semua sampah termasuk 1.500 ton sampah plastik pada saat beroperasi penuh pada 2022.

"Saya berharap, adanya Project STOP ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat hingga mampu mendorong ekonomi masyarakat. Di Pasuruan, kami bekerja sama dengan masyarakat setempat, terkait sistem pengelolaan dan pengumpulan sampah," tandasnya saat Webinar Kemitraan Menuju Indonesia Bebas Sampah, Jumat (26/2).

BACA JUGA : 

​Peringati HPSN 2021, Pemkot Batu Pamerkan Produk Daur Ulang Sampah

Munandar: Tak Ada Fee 8%, Itu Murni Persoalan Internal KSO Proyek TPA

Diduga Ada Fee 8 Persen dari Proyek TPA Wonokerto yang Mengalir ke Pejabat Teras

Terkendala Anggaran, Gunungan Sampah di TPA Kenep Belum Ada Solusi

"Saya berharap, adanya Project STOP ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat hingga mampu mendorong ekonomi masyarakat. Di Pasuruan, kami bekerja sama dengan masyarakat setempat, terkait sistem pengelolaan dan pengumpulan sampah," tandasnya saat Webinar Kemitraan Menuju Indonesia Bebas Sampah, Jumat (26/2).

Termasuk program edukasi masyarakat tentang pemilahan sampah dari rumah dan pembentukan badan usaha desa yang melayani lebih dari 42.000 warga.

Luhut mengatakan TPST3R ini sejalan dengan ambisi pemerintah Indonesia untuk mengurangi 70 persen kebocoran sampah plastik ke laut pada 2025. Karena itu pihaknya mengapresiasi upaya dan inisiatif Project STOP, Nestlé, dan mitra lainnya.

"Saya titip pada bupati, ini juga bisnis baru dan terhormat karena melindungi anak cucu kita. Harus dikelola dengan entrepreneurship. Saya juga mengapresiasi, Bapak Ganesan, sekarang anda sudah berkarya. Turut mendukung masalah ekonomi, yakni sirkular dan menghentikan sampah plastik berakhir di TPA atau lautan," jelasnya.

Ia berharap Bupati Pasuruan terus mendorong inovasi supaya jadi contoh daerah lain. Luhut juga menyarankan, bupati bekerja sama dengan sekolah dan pesantren untuk berbicara untuk program Project STOP.

Sementara Presdir Nestle Indonesia, Ganesan Ampalavanar, memastikan 100 persen kemasan Nestle dapat didaur ulang atau digunakan kembali pada 2025. "Dengan fokus khusus pada pencegahan sampah plastik dan ambisi kami untuk menghentikan kebocoran plastik ke TPA, lautan, dan sungai," paparnya.

Sebagai perusahaan makanan dan minuman pertama yang bermitra dengan Project STOP, Nestle terus mendukung berbagai upaya untuk menghentikan kebocoran sampah plastik ke lingkungan di wilayah operasinya, sehingga manfaat positif sosial dan ekonomi dapat terus dipertahankan. (diy/ian)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...