Aktivis AMIR's Hentikan Proyek Siluman di TPI Besuki Situbondo

Aktivis AMIR Proyek siluman di TPI Pesisir Besuki yang pengerjaannya distop oleh aktivis AMIR's. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Independent dan Rasionalis (AMIR's) Situbondo menghentikan pengerjaan proyek di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo, Senin (20/9/2021).

Pelaksanaan proyek tersebut disoal, karena diduga ada persekongkolan antara pejabat berwenang dengan salah satu kontraktor proyek. Bahkan, ada dugaan proyek tersebut nekat dikerjakan tanpa penandatanganan kontrak pekerjaan antara dinas dengan pihak kontraktor.

Salah satu aktivis AMIR's, Deny Rico, menyebut bahwa proyek tersebut siluman, karena di lokasi tersebut tidak ada papan informasi proyek. Padahal keberadaan papan informasi itu mutlak, karena sudah diatur di dalam Undang-Undang.

"Tidak jelas ini kegiatan apa, kalau di LPSE ya proyek rehabilitasi TPI Besuki, cuman kok dikerjakan sekarang. Kegiatan ini kami duga kuat dilaksanakan sebelum ada penandatangan kontrak," ungkap Deny Rico dengan nada suara tinggi.

Anggota AMIR's yang lain, Bronto Seno menegaskan, bahwa proyek tersebut untuk sementara waktu harus dihentikan pengerjaannya. Pasalnya, selain diduga menyalahi tahapan, pengerjaan proyek itu juga sarat dengan kecurangan sehingga dapat menimbulkan kerugian.

Simak berita selengkapnya ...