Bersama BPBD, SBI Bentuk Desa Tangguh Bencana di Sekitar Perusahaan

Bersama BPBD, SBI Bentuk Desa Tangguh Bencana di Sekitar Perusahaan GA & Community Relations Manager SBI Tuban, Moch Yunani Rizzal saat memberikan sambutan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban bekerjasama dengan Badan Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban membentuk dan mengukuhkan (Destana) di balai desa setempat, Kamis (10/8/2023).

GA & Community Relations Manager SBI Tuban, Moch Yunani Rizzal mengapresiasi kepada masyarakat Desa Kedungrejo dan Merkawang, yang antusias menyambut pembentukan Destana.

Kegiatan ini, merupakan langkah positif masyarakat dan pemerintah desa serta dukungan penuh dari pemerintah daerah melalui . Sebab, pembentukan Destana bagian dari persiapan menghadapi segala kemungkinan buruk adanya potensi bencana yang bisa terjadi setiap saat.

"Jadi keselamatan warga sangat utama, pengetahuan dan pendidikan kebencanaan harus terus dilakukan agar masyarakat antisipatif dan siap" tegas Rizzal sapaan akrabnya.

Menurutnya, tujuan pembentukan Destana adalah membangun kesiapan setiap individu masyarakat. Terutama, untuk bisa prediktif atau antisipatif dan survive saat bencana terjadi.

"Tentu kita tidak berharap bencana itu datang, namun dalam kondisi terjadi bencana kita semua sudah paham. Dan tahu apa yang harus dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan resiko terburuk yang mungkin saja terjadi," imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Merkawang, Ahmad Wahib Al-Haitimi menyampaikan, pembentukan Destana ini merupakan hasil sinergitas dan kolaborasi antar pemangku kepentingan. Karena bertujuan untuk kemajuan dan keselamatan bersama, sehingga pemdes sangat mendukung penuh.

"Pasti kami sangat mendukung dengan pembentukan ini," ucap Kades Merkawang itu.

Diketahui, beberapa agenda dalam pembentukan dan pengukuhan Destana dilakukan selama tiga. Selama tiga hari Pengurus Destana diminta menyusun Kajian Risiko Bencana (KRB), Peta Rawan Bencana (PRB), Penyusunan Rencana (PRPB), Penyusunan Rencana Kontingensi (PRK), penyusunan jalur evakuasi, Penyusunan Sistem Peringatan Dini Bencana serta Penilaian Ketangguhan Desa (PKD).(wan/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO