Negeri Damai, Kekayaan Sultan Rp 408 Triliun, Tak Ada Bunyi Klakson, Catatan dari Brunei

Negeri Damai, Kekayaan Sultan Rp 408 Triliun, Tak Ada Bunyi Klakson, Catatan dari Brunei Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, saling tukar cinderamata dengan Dubes RI Brunei Darussalam Achmad Ubaedillah di Kedutaan Besar RI Brunei Darussalam. Foto: M Mas'ud Adnan/bangsaonline

SERI BEGAWAN, BANGSAONLINE.com - Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah memiliki kekayaan US$ 28 miliar. Setara Rp 408 triliun. Ternyata di Indonesia juga banyak orang kaya setara Sultan. Hanya saja, kata Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, mereka tak peduli pada rakyat. Benarkah? Ikuti laporan edisi kelima M Mas’ud Adnan dari Brunei Darussalam.

Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, terang-terangan mengaku kagum terhadap Kesultanan Brunei Darussalam yang mampu memimpin rakyatnya dengan tenang dan makmur.

Menurut Kiai Asep, Brunei adalah negeri damai. Saking damainya mobil saja tak pernah terdengar. Padahal semua warga Brunei punya mobil.

“Sesuai namanya Darussalam, Brunei sangat damai dan sejuk (tak bising). Tak ada ,” kata Prof Kiai Asep Saifuddin Chalim kepada HARIAN BANGSA.

Bunyi klakson memang sangat tabu di Brunei. Selain membuat suasana bising juga ada tata krama sendiri di Brunei.

“Kalau ada klakson, orang (pengendara) yang di depan dikira bersalah. Mereka tersinggung,” kata salah seorang pengurus PCINU Brunei yang mengantar Kiai Asep ke berbagai acara di Brunei.

Karena itu di Brunei tak pernah terdengar di jalan raya, meski warga Brunei punya mobil

Juga tak ada bunyi knalpot menderu seperti di Indonesia. Apalagi gas yang dibleyer memekikkan telinga.

Bunyi mobil juga sangat halus, tak bising. Tampaknya ini terkait dengan BBM berkualitas yang digunakan, disamping sikap tertib warga Brunei di jalan raya. Termasuk saat macet.

“Orang sini kalau lagi macet, gak ada yang salip sana-salip sini kayak di Indonesia. Semua antre, sehingga tertib,” katanya.

Itulah yang membuat Kiai Asep sangat terkesan. Menurut Kiai Asep, suasana damai, sejuk dan sejahtera yang kini dimikmati rakyat Brunei tak lepas dari syariat Islam yang dipraktikkan secara nyata oleh Kesultanan Brunei. Apalagi Sultan Hassanal Bolkiah sangat dermawan dan peduli terhadap rakyatnya. Bahkan saat muda Sang Sultan sering menyamar naik sepeda motor untuk mencari rakyatnya yang miskin untuk dibantu kerajaan.

“Karena itu Allah lalu memberi barokah kepada Sultan dan rakyatnya,” kata Kiai Asep.

Menurut Kiai Asep, ini sesuai dengan janji Allah SWT dalam Al-Quran. Yaitu surat Al-A'raf ayat 96.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO