​Masyarakat Desa Aeng Panas, Polsek, dan Koramil Kerja Bareng Perbaiki Selokan

​Masyarakat Desa Aeng Panas, Polsek, dan Koramil Kerja Bareng Perbaiki Selokan Pemerintah Desa Aeng Panas, Kecamatan Pragaan memperbaiki selokan air limbah pemukiman warga di Dusun Pesisir RT 01 RW 01 Desa Aeng Panas, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Selasa (9/6/2020).

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Aeng Panas, Kecamatan Pragaan memperbaiki selokan air limbah pemukiman warga di Dusun Pesisir RT 01 RW 01 Desa Aeng Panas, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Selasa (9/6/2020) kemarin.

Kegiatan itu dilakukan agar air limbah tersebut tidak lagi meluber ke jalan provinsi dan mengganggu keselamatan pengguna jalan. Dalam kegiatan tersebut, Pemdes Aeng Panas dibantu oleh Anggota Polsek Prenduan dan Anggota TNI yang diwakili Komando Rayon Militer (Koramil) Pragaan.

Solusi yang dilakukan, pemdes dan aparat membuat lubang pembuangan khusus di tepi jalan provinsi.

Menurut Kepala Desa Aeng Panas, Muhammad Romli, pekerjaan penggalian tersebut merupakan solusi terakhir, setelah sebelumnya antisipasi berupa pengeboran tembus, berbuah gagal.

“Kami sudah dua kali melakukan bor miring dari tepi jalan untuk dipasang pipa air, tapi terkendala beton. Akhirnya, penggalian lubang serapan sebagai solusinya,” ungkapnya, Rabu (10/6/2020).

Melubernya air limbah hingga kerap menggenangi pinggir jalan provinsi, sering dikeluhkan pengguna jalan. Bahkan, pada titik tertentu dapat memicu kecelakaan bagi pengendara karena menghindari genangan air.

“Karena banyak masukan yang disampaikan masyarakat dan pengguna jalan, maka desa harus hadir dan mendengar demi kepentingan bersama,” imbuhnya.

Sementara itu, menurut salah satu Anggota Koramil Pragaan, Hunan menegaskan, keikutsertaan TNI dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu bukti nyata penguatan paradigma Kemanunggalan TNI dengan rakyat, dan juga sebagai implementasi pembinaan teritorial, khususnya membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat yang ada di daerah binaan.

“TNI dan rakyat menyatu dalam berbagai kegiatan. Di mana ada kegiatan gotong royong yang memiliki dampak sosial, kami harus hadir mendampingi,” ungkapnya.

Ke depan, diharapkan ada solusi jangka panjang dari PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur agar pembuangan limbah keluarga, nantinya menemukan solusi permanen, baik berupa gorong-gorong permanen atau solusi lainnya. (aln/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO