​Cegah Covid-19, PAC Muslimat NU Pesantren Kota Kediri Bagikan 1.000 Masker

​Cegah Covid-19, PAC Muslimat NU Pesantren Kota Kediri Bagikan 1.000 Masker Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Siti Asiyah dan jajaran pengurus saat membagikan masker dan bantuan kepada anak yatim. (foto: ist).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Guna memutus rantai penyebaran Covid-19, Pengurus Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Kecamatan Pesantren, Kota Kediri membagikan 1.000 masker dan menyalurkan sejumlah santunan uang secara serentak kepada seluruh anak ranting di wilayahnya, Selasa (8/9/2020).

Ketua PAC Muslimat NU Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Siti Asiyah, di sela-sela menggelar baksos pembagian masker dan santunan di Kantor BPBD Kota Kediri menjelaskan, total yang dibagikan ada 1.000 masker. Selain itu, pihaknya juga menyalurkan sejumlah uang santunan kepada 62 anak yatim dan 31 orang duafa.

Menurut Siti, agenda tersebut direalisasikan sebagai wujud mendukung Gerakan Jatim Bermasker dan kepedulian Muslimat NU terhadap sesama, terlebih lagi di masa pandemi Covid-19. Khususnya bagi masyarakat kurang mampu, terutama kaum duafa dan anak yatim.

"Untuk baksos kali ini, kami gelar secara bersamaan di 31 ranting yang berada di wilayah Muslimat NU Ancab Pesantren," tambah Siti.

Sementara itu, Sekretaris PAC Muslimat NU Pesantren Kota Kediri, Endah Andarwati menambahkan bahwa tujuan utama dilakukannya program baksos tersebut untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu di tengah pandemi Covid-19. Khususnya mereka yang terdampak secara ekonomi maupun yang belum punya masker.

"Untuk pembagian 1.000 masker ini, bukan hanya dari swadaya Muslimat NU, tapi kami bekerja sama dengan BPBD Kota Kediri, polsek, dan pihak terkait lainnya. Acara ini juga sebagai rangkaian dari agenda rutin yang kami gelar tiap akhir tahun," kata Endah.

Sebelum dilakukannya pembagian ribuan masker ke 31 ranting, PAC Muslimat NU Pesantren terlebih dahulu berkumpul di Kantor BPBD Kota Kediri. Kemudian, mereka menyebar ke seluruh ranting dan mendistribusikan bantuan sosial tersebut dengan mengutamakan protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri, Syamsul Bahri sangat mengapresiasi upaya Muslimat NU Kecamatan Pesantren yang mendukung Gerakan Jatim Bermasker. Hal ini juga selaras dengan komitmen BPBD Kota Kediri dalam mencegah penyebaran virus corona.

"Secara total, dalam pencegahan Covid-19 ini, kami menyiapkan 15.000 masker. Bantuan APD tersebut kami salurkan bersama lembaga terkait dan pihak lain, termasuk dengan Muslimat NU Ancab Pesantren ini," ujar Syamsul.

Syamsul berharap, Program Baksos Muslimat NU Pesantren Kota Kediri dapat ditindaklanjuti pada masa mendatang serta diikuti oleh instansi lain yang memiliki kepedulian sama, dalam hal pencegahan virus corona. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO