Warga Puncu Temukan Lima Arca Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit

Warga Puncu Temukan Lima Arca Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit Tunggal dan lima arca yang ditemukan. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Lima buah diduga peninggalan Kerajaan Majapahit ditemukan warga di Dusun Dorok, Desa Manggis, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri. Arca- setinggi 40 - 60 cm tersebut ditemukan salah seorang warga saat menggali tanah di lahan lereng Gunung Kelud, untuk keperluan dijual sebagai tanah uruk.

Kelima tersebut diduga adalah Ganesha, Agastya, Shiwa, Dewi Parwati/Durga, dan Mahakala. Kelimanya ditemukan oleh seorang penggali tanah di titik berbeda, namun masih dalam lokasi yang sama.

Tunggal (51), Ketua RT 1 RW 3 Dusun Dorok Desa Manggis Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, menjelaskan bahwa kelima tersebut sebenarnya sudah ditemukan pada bulan November 2020 lalu. Namun, oleh si penemu baru dilaporkan ke dirinya sebagai Ketua RT, Jumat (15/1) kemarin.

"Pelaporan penemuan tersebut memang terlambat. Tapi itu dilakukan semata-mata karena menunggu proses penggalian tanah uruk di lahan Pak Didit itu selesai semua," kata Tunggal ketika ditemui BANGSAONLINE.com di rumahnya, Sabtu (16/1).

Setelah mendapat laporan penemuan , Tunggal lalu melapor ke pemerintah desa dan mengamankan kelima tersebut ke rumahnya.

"Bersama Pak Kasun, kelima tersebut kami ambil dari rumah Pak Sukarno. Sekarang kelima Arca tersebut sudah tersimpan di rumah saya, menunggu petugas dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri datang mengecek," ujar Tunggal.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO